Hidup Sehat Tanpa Obat

Posted by on Aug 26, 2012 in Kesehatan, Self Healing, Slider | 3 comments

Hidup Sehat Tanpa Obat

Bisakah kita hidup sehat tanpa obat? Tentu saja bisa, bahkan pada zaman kakek nenek kita jenis penyakit tidak sebanyak sekarang. Kenapa? Karena pada saat itu makanan masih diolah secara tradisional tanpa ada embel-embel pewarna, penyedap rasa ataupun pengawet. Kalaupun pakai pewarna biasanya menggunakan bahan-bahan tradisional misal kunyit untuk menghasilkan warna kuning, daun suji untuk pewarna hijau dll.

Bagaimana cara kita untuk hidup sehat tanpa obat? Mulailah lakukan diet enzim seperti yang saya tulis disini.
Jika anda sudah melakukan diet tersebut maka tubuh anda akan sehat ditunjang dengan Pola Tidur, Olah Raga dan tentu saja Berpikir Positif (Positive Thinking).

Namun mungkin anda pernah mengalami sakit ringan seperti maag, migren, sakit gigi, batuk dan lain-lain. Jangan minum obat kimia karena obat-obat tersebut secara pasti akan merusak ginjal anda, bahkan obat maag yang berbentuk cair/tablet yang beredar di pasaran bisa merusak liver anda! Tip-tip di bawah ini dapat digunakan mengurangi bahkan menghilangkan penyakit-penyakit tersebut.

1. Sakit Maag
Di dunia kedokteran disebut Heartburn atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) kondisi di mana karena asam lambung yang tinggi menyebabkan makanan terdorong kembali ke arah tenggorokan sehingga menyebakan mual bahkan muntah. Jika kondisi ini berlangsung terus-menerus maka akan terjadi iritasi tenggorokan bahkan bisa menyebabkan kanker tenggorokan.

Pertolongan Pertama: Minum air suam-suam kuku + 1 sendok makan madu jika maag sedang kambuh. Air madu akan mengurangi rasa mual/kembung dan dalam berapa menit akan reda. Jika anda punya jeruk nipis/jeruk lemon tambahankan perasan 1 iris jeruk nipis/lemon ini akan meredakan sakit dalam waktu 1 menit. Saya sudah mencoba obat ini, Alhamdulillah sangat ampuh. Kenapa air jeruk nipis/lemon bersifat basa sehingga menetralkan asam lambung yang bersifat asam. Seperti yang sudah saya jelaskan di posting bahwa buah/sayur bersifat basa sedangkan karbohidrat & protein hewani bersifat asam.Pijat titik antara ibu jari dan telunjuk secara perlahan sampai rasa sakit hilang.

Air jeruk lemon

Agar penyakit ini sembuh, lakukan diet enzim supaya pencernaan tidak terlalu lelah bekerja. Hindari makanan/minuman pemicu seperti durian, nangka, timun, minuman bersoda (softdrink), kopi, teh cina/jepang, wedang jahe, daging ternak/unggas (karena untuk dicerna memerlukan waktu 8 jam) dan roti tawar atau roti yang menggunakan ragi. Pada saat tidur pencernaan harus dalam keadaaan kosong karena itu makanlah 4 jam sebelum tidur dan makanlah makanan yang bisa dicerna dalam waktu 4 jam sebelum tidur (yaitu buah dan sayur perlu 30 menit-1 jam, karbohidrat perlu 4 jam). Usahakan tidur dalam posisi miring ke kanan karena pencernaan berada di sebelah kanan sehingga berada di posisi bawah.

Hentikan kebiasaan minum obat maag yang terbuat dari antasida yang beredar bebas di pasaran. Obat ini akan menggerus dinding mukosa di dalam lambung. Minum minyak zaitun 2 sendok makan setiap hari akan memperbaiki dinding mukosa yang rusak. Cara memilih minyak zaitun, pilih yang warnanya kehijauan dan botolnya berwarna gelap dan yang extra virgin olive oil (EVOO).

Extra Virgin Olive Oil

Jika anda tidak suka minum minyak zaitun maka anda bisa mengobatinya dengan kencur 1 ruas yg sdh dikupas & dicuci dengan air matang dikeprek (dipukul dengan benda tumpul sampai gepeng) dimasukkan dlm air mendidih selama 30 detik, angkat kencurnya dan minum airnya pada saat hangat. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

Kencur

2. Migren
Kenali pemicunya apa karena maag, sakit gigi atau lainnya.
Pertolongan Pertama: Minum air suam-suam kuku + 1 sendok makan madu. Kompres bahu kanan dan kiri menggunakan botol yang berisi air panas. Selimuti botol dengan handuk/kain supaya tidak langsung bersentuhan dengan kulit. Pijat titik antara ibu jari dan telunjuk secara perlahan sampai rasa sakit hilang.

Daerah yang dipijat ketika sakit kepala dan mual
(Picture from Google)

Agar penyakit ini sembuh, lakukan diet enzim. Kenali pemicu utamanya. Lakukan ear candle di kedua telinga kemudian lakukan ear candle kedua di tempat yang sakit, misal migren sebelah kanan maka setelah pembersihan telingan dengan ear candle pertama dilanjutkan dengan ear candle ke-2 di telinga sebelah kanan. Ear candle bisa anda lakukan sendiri dengan bantuan orang lain atau lakukan di salon. Lakukan tiap 6 bulan sekali.Metode pengobatan ini yang dilakukan di RS Holistik ketika saya mengalami migren parah.

Ear Candle

3. Batuk
Minum air hangat yang dicampur dengan 1 Sendok Teh (ST) Kayu Manis Bubuk + 2 Sendok Makan (SM)Madu. Minum pagi dan sore. Jika anda tidak punya kayu manis bubuk gunakan kayu manis batangan yang sudah direbus dengan air sampai berwarna kecoklatan, ambil 1 gelas dan dicampur dengan 2 SM madu.
Pijat daerah dada dan bawah ketiak.

Kayu Manis[/caption]

4. Demam
Minum 1 gelas air hangat + 1 SM madu. Ulangi sampai air yang diminum 4 liter dalam sehari. Demam akan hilang melalui keringat dan air seni.

5. Diare
Minum 1 gelas air hangat + 1 SM madu. Ulangi sampai air yang diminum 4 liter dalam sehari. Diare terjadi karena adanya kuman dalam pencernaan sehingga tubuh bereaksi dengan membuangnya. Minum ai rebusan daun jambu.

6. Radang Tenggorokan
Minum campuran air kencur yang sudah diparut/dihancurkan + air hangat. Jika anda tidak suka bisa diganti dengan minyak habatussauda (jintan hitam atau black seed oil) atau air hangat + perasan jeruk lemon + madu 1 SM.

Jintan Hitam

7. Sakit Gigi
Oleskan minyak habatussauda (jintan hitam) di gigi yang sakit. Dalam berapa menit sakitnya akan reda.

8. Darah Tinggi (Hipertensi) & Stroke
– 1 ruas jahe yang sudah dikupas dan dicuci dengan air matang dikeprek (dipukul pakai benda tumpul sampai gepeng) dimasukkan ke dalam air mendidih selama 30 detik. Angkat jahenya dan airnya diminum pada saat suam2 kuku.
– Makan timun segar kecil 1 buah bersama kulit (sebelumnya sudahdicuci dg air matang).Lakukan tiap hari. – Pijat semua ruas jari masing-masing 1 menit setiap hari dengan arah memijat dari pangkal jari ke ujung kuku. Pemijatan dilakukan dari jempol sampai ke kelingking secara berurutan.

Jahe

Timun

9. Sakit Mata
Tetesi mata dengan OTEM (obat tetes mata yang terbuat dari madu) yang bisa didapatkan di toko obat yang menjual Habatussauda. Lakukan senam mata secara rutin, bagaimana cara senam mata bisa anda baca di sini. OTEM juga bisa menjaga kesehatan mata, baik digunakan untuk mereka yang rabun jauh, rabun dekat maupun katarak. Minum jus wortel, tomat, kunyit secara rutin dapat memperbaiki kesehatan mata.

Otem

10. Pilek/Flu
Minum 1 gelas air hangat. Ulangi sampai air yang diminum 4 liter dalam sehari. Demam akan hilang melalui keringat dan air seni. Minum air hangat + 1 SM madu + perasan jeruk nipis/lemon dua kali sehari sebagai pengganti vitamin C.

Air Madu

11. Sariawan
Kumur-kumur dengan jus tomat yang sudah dicampur air. Jika anda sering sariawan berarti ada masalah dengan pencernaan anda. Karena itu lakukan diet enzim untuk melakukan detoksifikasi pencernaan.

12. Kolestrol
– 1 ruas jahe yg sudah dikupas dan dicuci dengan air matang dikeprek (dipukul pakai benda tumpul sampai gepeng) dan dimasukkan ke dalam air mendidih selama 30 detik. Angkat jahenya dan airnya diminum pada saat suam-suam kuku. Lakukan secara rutin setiap hari sampai kondisi normal. Untuk pencegahan cukup minum 2-3 kali dalam seminggu.
-Pijat semua ruas jari masing-masing 1 menit setiap hari dengan arah memijat dari pangkal jari ke ujung kuku. Pemijatan dilakukan dari jempol sampai ke kelingking secara berurutan.

13. Batu Ginjal
Minum jus campuran wortel + bit + timun dengan ukuran yang sama. Lakukan secara rutin sampai batu ginjal hancur dan keluar dari tubuh anda.

Wortel

Buah Bit

14. Batu Empedu
Minum jus wortel + sawi dengan ukuran yang sama akan menghilangkan batu empedu dari tubuh anda.

Sawi

15. Asam Urat
Wortel mentah 1/2-1 buah diblender atau diparut tapi jangan pakai juicer. Diminum air dan ampasnya setiap hari sampai sembuh. Biasanya dalam waktu 2 minggu penyakit ini akan sembuh.

16. Asma & Gangguan paru-paru
– Makan apel merah setiap hari,
– Pernapasan sehat 10-10-10 & 15-15-15 (tarik nafas tangan diangkat ke atas, tahan nafas dg tangan tetap di atas & buang nafas tangan diturunkan ke samping) 1 sesi = 10x. Satu hari 5 sesi.
– Pijat semua ruas jari masing-masing 1 menit setiap hari dengan arah memijat dari pangkal jari ke ujung kuku. Pemijatan dilakukan dari jempol sampai ke kelingking secara berurutan.

Apel Merah

17. Menyuburkan Kandungan & Menormalkan Hormon
– Makan 1-2 iris tempe segar/mentah, daun katuk 1 lembar, 1/2-1 buah pir dan 1/2-1 buah lobak putih serta minum air kelapa tua 1-2 gelas sehari. Tempe bisa dikonsumsi dengan nasi merah, sedangkan buah pir dan lobak bisa dijus atau dimakan biasa. Makanan dan minuman ini akan menormalkan hormon progesteron.
– Pijat semua ruas jari masing-masing 1 menit setiap hari dengan arah memijat dari pangkal jari ke ujung kuku. Pemijatan dilakukan dari jempol sampai ke kelingking secara berurutan.

Tempe Mentah

Daun Katuk

Lobak Putih

18. Prostat
Gangguang prostat pada pria dapat diobati dengan makan tempe segar/mentah, kacang panjang mentah 1 buah, buah semangka terutama bagian yang putih, buah pepaya, jagung dan tomat setiap hari. Dan minum air kelapa tua 1-2 gelas per hari.

19. Diabetes
– Minum jus wortel + bengkuang yang diblender atau diparut atau dimakan biasa masing-masing 1/2-1 buah beserta ampas setiap hari.
– Perbanyak konsumsi buah dan sayur segar sebagai pengganti karbohidrat
– Ganti beras putih dengan bekatul, havermut, kentang dan ubi kukus.
– Ganti gula putih dengan gula aren/gula jawa atau gula merah.
– Ganti makanan yang digoreng dengan makanan yang dikukus.
– Ganti biskuit, roti dan kue-kue yang dipanggang dengan kentang kukus, jagung kukus, ubi kukus, singkong kukus, wortel segar dan bengkuang segar.
– Makan kacang panjang segar atau buncis segar 1 buah, jika dikukus maka anda harus mengkonsumsi 2 buah. Kacang panjang dan buncis berfungsi
menstabilkan gula darah
– Pijat semua ruas jari tangan masing-masing 1 menit dari arah pangkal tangan ke ujung jari setiap hari.

Bekatul

20. Kanker
– Minum air kelapa tua sehari 2 gelas.
– Perbanyak konsumsi buah dan sayur segar terutama buah lokal karena tidak mengalami oksidasi di perjalanan.
– Ganti semua makanan yang digoreng dengan makanan dikukus,
– Berhenti mengkonsumsi daging merah dan putih (lebih baik menjadi vegetarian)
– Selalu berpikir positif dengan banyak melakukan ibadah sesuai agama dan kepercayaan.
– Pijat semua ruas jari tangan masing-masing 1 menit dari arah pangkal tangan ke ujung jari setiap hari.
– Berjemur di sinar matahari pagi jam 06.00 – 09.00 pagi
– Olah raga pernafasan sehat 10-10-10 & 15-15-15 (tarik nafas tangan diangkat ke atas, tahan nafas dg tangan tetap di atas & buang nafas tangan diturunkan ke samping) 1 sesi = 10x, sehari 5 sesi.

21. Ginjal
– Minum jus wortel yang diparut atau diblender
– Ganti makanan yang digoreng/dibakar dengan makanan yang dikukus, karena makanan yang digoreng/dibakar akan menghasilkan protein tinggi yang tidak sehat
– Berhenti makan daging merah, daging putih, telur dan semua makanan hewani yang berprotein tinggi
– Konsumsi buah-buahan dan sayuran segar

22. Hepatitis/Gangguan Hati
– Makan buah kemuning 1-2 buah sehari atau daun kemuning 5-6 lembar.
– Perbanyak makan buah & sayur segar.
– Ganti makanan yang digoreng dengan makanan kukus supaya hati tidak bekerja keras
– Hindari keju, mentega atau margarin
– Hindari daging merah dan putih
– Pijat semua ruas jari tangan masing-masing 1 menit dari arah pangkal tangan ke ujung jari setiap hari.
– Berjemur di sinar matahari pagi jam 06.00 – 09.00 pagi
– Olah raga pernafasan sehat 10-10-10 & 15-15-15 (tarik nafas tangan diangkat ke atas, tahan nafas dg tangan tetap di atas & buang nafas tangan diturunkan ke samping) 1 sesi = 10x, sehari 5 sesi.

Buah dan Daun Kemuning

23. Osteporosis, osteoartitis, parkinson
– Minum air kelapa tua 1-2 gelas per hari
– Makan kacang-kacangan (kacang panjang, kacang buncis mentah/matang) karena makanan ini mengandung elemen mineral. Sehari 1 buah.
– Makan wortel, bengkuang, lobak putih, kentang & ubi kukus. Wortel, bengkuang dan lobak putih bisa dimakan segar atau dibuat jus dengan cara diparut atau diblender. Masing-masing 1/2-1 buah per hari.

Kacang Panjang

24. Mabuk di Perjalanan
Supaya tidak mabuk selama di perjalanan, isi pusar dengan irisan tembakau tutup pusar dengan koyo atau tensoplas/hansaplas dijamain selama perjalanan anda tidak akan mabuk.

25. Siklus Haid Tidak Normal
– Minum jus wortel dan bengkuang dengan cara diblender atau diparut dari 1/2-1 buah, diminum tiap hari beserta ampasnya. Makan daun katuk 1 lembar per hari.
– Pijat semua ruas jari tangan masing-masing 1 menit dari arah pangkal tangan ke ujung jari setiap hari.

Bengkuang

26. Stress, Insomnia, Sakit Kepala, Autis
Makan tape singkong segar dan mentimun segar

Tape Singkong

27. Jantung
– Makan apel merah, alpukat (avocado) dan sawo setiap hari
– Ganti makanan yang digoreng/dipanggang dengan makanan yang dikukus
– Olah raga pernapasan sehat 10-10-10 & 15-15-15 (tarik nafas tangan diangkat ke atas, tahan nafas dg tangan tetap di atas & buang nafas tangan diturunkan ke samping) 1 sesi = 10x, sehari 5 sesi.
– Pijat semua ruas jari tangan masing-masing 1 menit dari arah pangkal tangan ke ujung jari setiap hari.

Alpukat

Sawo

28. Hipertiroid, Hipotiroid, Alergi
– Makan timun segar yang sudah dicuci air matang 1 buah per hari dimakan sampai ujung-ujungnya
– Makan tempe segar/mentah secukupnya.

Baca juga:
Pilih Sehat atau Sakit
Hypnoteraphy

Sumber:
1. Rasulullah is My Doctor, Jerry D. Gray, Mizan
2. The Secret of 5 Elemen, Terapi Sehat Bahagia yang murah dan praktis, Alyesius Gondosari

468 ad

3 Comments

  1. Waahh.. terimakasih banyak, informasinya menarik 😀

  2. Mksh info nya.. Mb nina slm knl..sdh 3 minggu aku kena asam lambung..mual nya blm jg reda.. Obat sy hentikan krn stelah cari info sana sini lbh bnyk yg menyarankan dgn penobatan holistik.. Yg mw sy tanykan satu jam minum jeruk hangat.. Bolehkah makan pisang.. Lalu di lanjut kencur.. Klo pisang raja udh makanan wajib deh krn sy ga mau maka nasi malah tambah asam rasanya… Atau oatmeal.. Ternyata sakit ini mengajari sy untuk sabar ya mbak..mdh2an sy bs melewati nya dgn lbh sabar.. Mksh untuk jawabannya.. Smg slalu sehat!

    • Ya mbak cukup makan sehat saja, InshaAllah sembuh. Saya sudah membuktikan 🙂

Trackbacks/Pingbacks

  1. Menyembuhkan Maag/GERD dengan Kencur | Nina Evawaty - […] lebih lengkapnya silahkan baca artikel yang sudah saya tulis: 1. Hidup Sehat Tanpa Obat 2. Pilih Sehat atau […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

Read previous post:
4065456_s
Pilih Sehat atau Sakit

Sehat dan sakit adalah pilihan hidup bukan takdir, kecuali penyakit bawaan dari lahir. Apa yang kita makan itulah kita 5-10...

Close