Pilih Sehat atau Sakit

Posted by on Aug 21, 2012 in Kesehatan, Self Healing, Slider | 53 comments

Pilih Sehat atau Sakit

Sehat dan sakit adalah pilihan hidup bukan takdir, kecuali penyakit bawaan dari lahir. Apa yang kita makan itulah kita 5-10 tahun yang akan datang. Selain faktor makanan, faktor pendukung lainnya adalah olah raga, pola tidur yang cukup dan berpikir positi (positif thinking).

Sejak tahun 2006, saya berkenalan dengan metode pengobatan holistik yang mengajarkan ke-4 faktor tersebut untuk kembali sehat setelah didera sakit typhus terus menerus sejak tahun 2004. Hampir setiap tahun, pada saat musim pancaroba saya harus dirawat di RS karena typhus dan maag akut. Dan setelah keluar dari RS saya juga harus rutin kontrol ke dokter dan rajin minum antibiotik supaya penyakit tersebut tidak kambuh. Saya bahkan menjadi paranoid karena takut penyakit ini kambuh, saya selalu membawa hand sanitizer dan tissue basah ke manapun saya pergi, tidak pernah jajan sembarangan bahakan saya memilih makan biskuit jika tidak menemukan tempat makan yang bersih dan selalu memeriksa lidah saya setiap kali saya demam dan pusing di sore hari ataupun menggigil menjelang fajar di pagi hari.

Setelah trauma dengan jarum infus yang dipindah setiap hari karena urat nadi saya bengkak dan suster membutuhkan waktu lama bahkan sampai 3 kali tusukan untuk menemukan urat yang pas karena nadi saya yang tipis untuk dipasang selang infus, akhirnya saya berobat di Rumah Sakit (RS) Holistik Purwakarta. Di RS tersebut saya dirawat pertama kali selama 2 minggu untuk pengobatan dan detoksifikasi. Saya yang tidak suka makan sayur dan jarang minum sangat kaget dengan pola makan di RS, pagi hari saya mendapat jatah sarapan 1 gelas jus buah dan 1 piring kecil buah potong. Jam 10 pagi saya mendapat jatah makanan semi karbohidrat seperti sup sayur atau bihun goreng dengan porsi kecil. Siang hari barulah mendapat jatah makan 1 piring nasi + 1 mangkuk sayur, sore hari jam 15.00 saya mendapat jatah 1 piring kecil sayur kukus yang terdiri dari labu siam 5 iris, wortel 5 iris/timun 5 iris dan jam 18.00 jatah makan terakhir adalah 1 piring kue-kue tradisional dari beras/singkong/kentang. Dengan makan malam karbohidrat itulah maka diharapkan jam 22.00 perut sudah dalam keadaan kosong karena karbohidrat dicerna selama 4 jam, sehingga pada saat tidur asam lambung tidak naik ke tenggorokan. Awalnya saya tidak bisa beradaptasi dengan makanan yang ada namun karena ingin sehat terpaksa saya makan, kalau masih lapar saya hanya boleh makan buah. Karena itulah saya mulai menyimpan buah-buahan seperti pisang raja dan apel jika sewaktu-waktu kelaparan. Jadi pola makan vegetarian diterapkan ke semua pasien karena pasien yang sakit bermacam-macam mulai kanker, stroke, diabetes, gagal ginjal, jantung dll yang tidak pernah terpikir dalam benak saya ada penyakit separah itu.

Pengobatan Holistik adalah metode pengobatan yang menggabungkan metode pengobatan kedokteran barat (konvensional) dan pengobatan timur. Metode pengobatan barat digunakan untuk mendiagnosa penyakit sedangkan metode pengobatan timur untuk terapi/pengobatannya. Misal metode pengobatan timur yang digunakan adalah akupuntur, pemanasan titik akupuntur (dari tengkuk, ruas tulang belakang hingga telapak kaki) dengan InfraRed atau TDP Lamp, Sooji (akupuntur di telapak tangan dengan menggunakan jarum kecil), Ear Candle, Body Massage, Bekam, Refleksi, Kompres Tanah Merah, Renang, Renang di kolam air panas, Cupping (mengeluarkan udara dengan sejenis gelas/cup) dan Fisioterapi. Setiap penyakit jenis terapinya berbeda, tapi yang basic dan harus dilakukan adalah pemanasan dengan TDP Lamp yang fungsinya untuk melancarkan aliran darah.

Di RS inilah saya diajari untuk minum air minimal 2 liter per hari supaya suhu tubuh tetap stabil. Saya juga diajari untuk sedikit minum setelah makan, dan minum dilakukan sebelum makan. Saya juga dikenalkan untuk rutin mengkonsumsi madu setiap hari dan rutin berolahraga. Setiap pagi para pasien diajak Yoga bersama baik yang terbaring di tempat tidur, kursi roda maupun masih bisa berjalan oleh para motivator yang memberikan motivasi kepada para pasien agar tetap optimis untuk sembuh dan menjalani pengobatan.
Di RS inilah saya mengakui dosa-dosa saya yaitu jarang makan buah dan sayur, saya hanya makan buah kalengan, saya juga jarang minum air putih tapi teh kotak merk terkenal kesukaan saya dan untuk lauksaya hanya makan corned, ikan sardin kalengan dan telur karena saya & pembantu tidak bisa masak. Saya juga sering minum obat flu karena kalau typhus kumat biasanya diawali dengan demam dan sakit kepala jadi obat itu selalu tersedia di tas saya 🙂 Nah lho ketahuan sekarang dosa-dosa yang selama ini dilakukan. Memperbaiki ke-4 faktor tersebut di atas akan meningkatkan daya tahan tubuh kita, sehingga tubuh akan menjadi dokter untuk kita sendiri tanpa perlu minum obat apapun ketika sakit, karena Allah sudah merancang tubuh kita sedemikian rupa dengan sistem kekebalannya untuk melawan penyakit.

Sepulang dari RS, semua makanan yang mengandung penyedap, pengawet dan pewarna masuk ke tempat sampah dan saya ganti dengan sayur dan buah-buahan. Saya juga berhenti mengkonsumsi daging merah dan putih, hanya ikan saja yang masih tetap saya konsumsi. Saya mulai mencari buku-buku kesehatan bahkan buku kedokteran untuk saya pelajari dan mencari tahu kenapa typhus tersebut betah di tubuh saya selama bertahun-tahun. Saya juga rajin ikut Seminar Kesehatan yang diadakan Majalah Nirmala mengenai Natural Healing dan Food Combining. Akhirnya saya menemukan alasan kenapa pola makan vegetarian tersebut diterapkan di RS Holistik di buku The Miracle of Enzym karangan Dr. Hiromi Shinya. Di dalam buku tersebut dipaparkan secara gamblang kenapa kita harus berdamai dengan enzim, karena ketika enzim tersebut habis maka kita akan mati.

Darah manusia mempunyai PH Balance di 7 karena itulah untuk menjaga agar darah tetap di PH 7 maka kita harus makan makanan yang seimbang. Karbohidrat, Protein berada di PH Asam sedangkan Sayur dan Buah di PH Basa. Kombinasi Sayur/Buah dengan Karbohidrat/Protein secara seimbang akan mempertahankan darah di PH 7.

Faktor Pertama, Pola Makan. Belajar dari pola makan di RS Holistik, Food Combining dan buku The Miracle of Enzyme maka pola makan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:
1. Bangun tidur minum segelas air hangat + perasan jeruk lemon + madu, kenapa air hangat? Karena suhu pencernaan kita berada di suhu 36-37 derajat Celcius. Ketika kita minum air dingin, maka enzim pencernaan akan digunakan untuk menstabilkan suhu pencernaan kita. Air hangat akan mendorong kelenjar peristaltik untuk bekerja sehingga BAB menjadi lancar. Sedangkan jeruk lemon akan menetralisir asam lambung dan baik untuk mereka yang menderita maag karena dengan pola ini maag akan sembuh. Hindari minum obat maag yang beredar di pasaran baik cair maupun tablet karena akan merusak liver.
2. Jika anda penggemar susu, minumlah susu hangat dari jagung atau kedelai karena mudah tercerna. Susu
sapi/kambing yang dijual di pasaran sudah kehilangan enzim baik seperti laktosa, lipase dan protease karena proses pengolahannya terutama susu yang mengalami proses Homegenisasi dan Pasteurisasi sehingga susu menjadi lemak yang teroksidasi. Lebih baik tidak minum susu kecuali susu jagung atau kedelai.
3. Minum jus buah/sayur, gunakan buah lokal yang tidak mengalami oksidasi dan pengawetan dibandingkan buah impor. Jus yang baik yang usianya 30 menit dari masa pembuatan setelah 30 menit kandungan gizinya akan hilang. Makan buah potong untuk sarapan. Mengapa buah baik untuk sarapan? Karena buah/sayur memerlukan waktu 30 menit untuk dicerna menjadi energi setelah selama kita tidur pencernaan beristirahat.
4. Jika jam 10.00 pagi masih merasa lapar, konsumsilah semi karbohidrat seperti roti gandum, sayur sup, salad atau bihun, konsumsilah dalam porsi kecil. Gunakan selai buat sendiri yang tidak mengandung pengawet dan pewarna.
5. Minumlah air 2 gelas 1 jam sebelum makan siang, makan siang karbohidrat + sayur atau protein ikan + sayur. Pilihlah ikan yang budidayanya tidak menggunakan pakan dari pabrik karena kebanyakan pakan ini tidak jelas kandungannya bahkan ada yang dari hewani. Kunyahlah makanan 30-50 kali untuk mengeluarkan sekresi air liur yaitu enzim yang berikatan baik dengan cairan lambung, air empedu dan membantu proses pencernaan. Mengunyah dengan hati-hati meningkatkan kadar gula darah sehingga menekan nafsu makan dan mencegah terlalu banyak makan. Bahkan mengunyah dengan baik kan membantu penyerapan makanan secara efisien.
6. Minumlah 1 jam setelah makan supaya enzim di pencernaan tidak terkuras, air putih lebih baik daripada air berwarna (teh/kopi/alkohol dll) karena teh dan kopi mengandung kafein yang akan menguras enzim pencernaan demikian juga dengan alkohol.
7. Makan sayur kukus di sore hari atau buah segar.
8. Pada malam hari makanlah kue-kue tradisional yang terbuat dari beras/singkong/kentang yang diolah dengan proses dikukus atau dibakar dengan menggunakan daun untuk menghindari karsinogen pemicu kanker. Makanlah 4 jam sebelum tidur, sehingga pada saat tidur pencernaan dalam keadaan beristirahat/kosong. Apabila masih lapar makanlah buah karena buah akan tercerna dalam waktu 30 menit. Jika anda makan makanan berat yang tidak tercerna selama tidur maka asam lambung akan naik dan menyebabkan radang tenggorokan. Untuk mereka yang sering sakit radang tenggorokan coba amati pola makannya.

Faktor Kedua, Olah Raga. Olah raga sangat penting untuk sirkulasi darah dan aliran getah bening. Lakukan olah raga sesuai usia. Untuk usia 40 tahun ke atas hindari olahraga kardiovaskuler seperti tenis, sepakbola, lari dll. Olah raga secara rutin akan mengaktifkan metabolisme tubuh yang kemudian menyebabkan vitamin-vitamin dan mineral penting dialirkan ke seluruh tubuh sehingga menciptakan sebuah lingkungan yang lebih kondusif bagi kerja enzim. Lakukanlah olah raga dengan kadar yang tepat. Semakin banyak berolahraga semakin banyak radikal bebas yang diproduksi di dalam tubuh. Homeostatis tubuh akan gagal jika terlalu memaksakan diri. Lakukan olah raga secukupnya sesuai dengan kondisi fisik, gaya hidup dan kesehatan mental. Olah raga yang bagus adalah jalan kaki (4 KM), berenang, tenis, bersepeda, golf, yoga, bela diri dan aerobik. Ingat pilih olah raga sesuai usia !

Faktor Ketiga, Pola Tidur. Tidur memainkan peranan penting dalam menjaga irama tubuh. Kehidupan yang teratur adalah tidur lebih cepat dan bangun lebih pagi. Tidur cepat akan membuat organ-organ tubuh melakukan proses detoksifikasi. Pergilah tidur pada saat yang sama setiap malam, lakukan tidur 6-8 jam/sehari. Saat merasa mengantuk secara alami, itulah waktu terbaik untuk tidur. Bagi mereka yang tidak bisa tidur dan selalu mengkonsumsi obat tidur akan menguras sejumlah besar enzim di otak dan akan membuat mereka rentan terhadap kepikunan dan Alzheimer. Lakukan power nap (tidur sejenak) di siang hari selama 20-30 menit. Jika merasa sangat lelah power nap selama 5 menit dengan posisi rileks akan memulihkan tenaga.

Faktor Keempat, Pola Pikir Positif (Positive Thinking). Selalu berpikir positif akan membuat kita bahagia dan menghasilkan hormon endorphin. Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan di dalam hidup anda apakah itu hobi atau aktivitas sosial. Bahkan aktivitas sosial berbagi dengan sesama akan membuat kita bahagia. Ketika kita bisa membantu orang lain yang sedang kesulitan misal dengan bersedekah maka rasa bahagia karena meningkatnya hormon endorphin akan menghampiri kita, lakukanlah secara rutin maka kita akan hidup bahagia. Bagi mereka yang muslim melakukan sholat secara khusyuk akan menyehatkan begitu juga dengan zikir akan menenangkan hati. Bahkan dari hasil penelitian Bapak DR. Mohammad Soleh, Tahajud dapat menjadi terapi berbagai macam penyakit. Untuk mereka yang non Muslim bisa melakukan meditasi untuk menenangkan jiwa. Ketika seseorang sedang sakit, ketika mereka berpikir positif maka semangat untuk sembuh bisa mengalahkan penyakitnya. Karena kesembuhan 70% dari semangat hidup sisanya dari terapi dan obat-obatan.

Dengan mempraktekkan ke-4 faktor tersebut, saya bisa bebas dari sakit Typhus dan Maag Akut setelah 2 tahun. Jadi selama 4 tahun saya bolak balik dirawat di RS, hampir semua RS dan dokter terkenal ahli pencernaan di Jakarta dan salah satu RS di Singapura saya kunjungi. Dua tahun adalah waktu yang cukup singkat mengingat selama bertahun-tahun saya makan makanan yang tidak bergizi. Bahkan dengan diet enzim tersebut berat badan saya naik ke berat ideal. Untuk mereka yang kelebihan berat badan, diet ini bisa menurunkan berat badan ke posisi ideal.

Inilah rekomendasi makanan yang harus dan tidak boleh dikonsumi ala Dr. Hiromi Shinya.
Makanan yang Boleh Dikonsumsi
1. 85-90% makanan nabati
a. 50% biji-bijian utuh, beras coklat, pasta yang terbuat dari gandum utuh, jelai, sereal, roti yang
terbuat dari gandum utuh dan polong-polongan termasuk kacang kedelai, kacang merah, kacang pinto,
kacang merah, kacang garbanzo, kacang putih, kacang hitam dan merah muda.
b. 30% Sayuran hijau dan kuning serta umbi-umbian termasuk kentang, wortel, ubi jalar dan bit serta
sayuran laut
c. 5-10% buah-buahan, biji dan kacang
2. 10-15% Protein Hewani (tidak lebih dari 85-115 gram per hari)
a. Ikan jenis apapun sebaiknya ikan kecil karena ikan besar mengandung merkuri
b. Unggas: ayam, kalkun, bebek (sedikit saja)
c. Sapi, domba muda (harus dibatasi/dihindari) karena pakan yang dimodifikasi
d. Telur
e. Susu kedelai, keju kedelai, susu beras, susu almond

Makanan Tambahan untuk Menu Makan
1. Teh Herbal;
2. Tablet rumput laut (kelp)
3. Ragi untuk pembuatan bir (sumber vitamin B kompleks dan mineral yang bagus)
4. Bee Pollen dan Propolis Madu
5. Suplemen Enzim
6. Suplemen Multivitami dan Mineral
7. Habatus Sauda dan Minyak Zaitun (tambahan dari saya, Nina karena ada di Hadist dan terbukti bagus
untuk menjaga kesehatan)

Makanan yang Harus Dihindari/Dibatasi
1. Produk susu seperti susu sapi, keju, yoghurt (keju memerlukan waktu 12 jam untuk dicerna) sedangkan
yoghurt akan menyebabkan diare ringan bukan memperlancar BAB;
2. Teh hijau, teh china, teh hitam Inggris (batasi hanya 1-2 cangkir sehari karena mengandung kafein
yang akan menguras enzim);
3. Kopi (karena mengandung kafein yang akan menguras enzim);
4. Makanan yang manis-manis dan gula;
5. Rokok/Nikotin
6. Alkohol
7. Cokelat
8. Lemak dan Minyak
9. Garam Meja (gunakan garam laut yang mengandung mineral)

Rekomendasi Tambahan Mengenai Makanan
1. Berhentilah makan dan minum 4-5 jam sebelum tidur (supaya pencernaan dalam keadaan istirahat dan
ginjal beristirahat sehingga tidak buang air kecil selama tidur) ;
2. Kunyahlah setiap suap 30-50 kali ;
3. Jangan makan di sela-sela waktu makan kecuali makan buah utuh jika rasa lapar membuat anda tidak bisa tidur karena buah bisa dicerna dalam waktu 30 menit;
4. Makanlah buah dan minum jus 30-60 menit sebelum waktu makan ;
5. Konsumsi biji-bijian dan sereal utuh yang tidak digiling ;
6. Konsumsilah lebih banyak makanan yang mentah atau dikukus sebentar. Memanaskan makanan yang lebih dari 48 derajat Celcius akan membunuh enzim ;
7. Jangan makan makanan yang teroksidasi (buah-buahan yang sudah berubah warna menjadi cokelat);
8. Konsumsi makanan yang berfermentasi misalnya Kimchi
9. Jagalah makanan yang anda santap, ingat Anda adalah apa Anda makan.

Sehat ada di tangan anda ! Jadi sekarang mau pilih sakit apa sehat ? Semua adalah pilihan.

468 ad

53 Comments

  1. makasih untuk share nya. sy juga punya masalah GERD.

    • Untuk GERD asal rutin minum air kencur dan air jeruk dan jaga makan, mengurangi makan yang menyebabkan pencernaan tidak beristirahat dan bekerja keras seperti daging merah dll pasti sembuh. Semua tergantung kedisiplinan kita.

      • Mbak untuk gerd, rutin minum air kencur dan air jeruk. Air jeruk apa mbak? Kapan waktu paling baik meminumnya?
        Thanks infonya,
        Salam kenal

        Fanny

        • Air jeruk saja bisa mbak, jeruk lemon atau nipis. Diminumnya pagi hari saat perut kosong setelah bangun tidur.

  2. Setelah dari RS..Pola makannya masih kayak gitu ga mbk?
    Untuk menu sarapannya biasanya apa mbk?
    Sebelum jam 10 pagi makannya ap mbk?
    Terima Kasih.

    • Masih.
      Bangun tidur : 1 gelas air putih + perasan jeruk nipis/lemon local
      Untuk sarapan:, jus buah/sayur, buah potonng (lebih baik buah local supaya tidak kena oksidasi) missal apel Malang 1, papaya 1/4 buah dan melon atau kombinasi buah yg lain.
      Jika masih lapar sekitar jam 10 makan kentang kukus atau ubi kukus 1 buah.
      Minum 1 jam sebelum makan.

      • Saya udah coba 6 hari ini.
        Tp rasanya masih agak sakit ya kena asam lambungnya,awal2 penerapannya dulu rasannya gimana.
        Seberapa porsi makan buahnya pada pagi hari?saya biasanya 1 potong kayak di penjual buah itu,kadang sama Apel Fuji..kalo sarapannya diganti kacang hijau gimana ya?mohon sarannya.
        Terima Kasih

  3. Sharingnya sgt informatif mbak.. sy mau nanya, apakah semua jenis penyakit dapat ditangani disana mbak? mbak pernah ga mendengar ttg pengobatan hypertiroid dsna? terima kasih

    • Sebenarnya penyakit yang bukan bawaan itu bisa disembuhkan karena penyakit itu timnbul dari pola makan dan pola hidup. Jadi dengan merubah pola makan dan pola hidup serta olah raga

  4. Mba, mau nanya, di dekat RS apakh ada hotel/penginapan utk keluarga pasien? terima kasih

    • Bisa nginep di RS-nya mbak, nanti minta extra bed saja. Makanan juga bisa di RS atau di luar.

  5. Mba nina,kalau saya konsumsi bekatul untuk mengobati maag/gerd bagaimana tipsnya ya ?

    • Kalau maag/GERD cukup minum air kencur seperti di artikel saya. Kalau tidak suka cukup minum air jeruk nipis/jeruk lemon dalam keadaan perut kosong pada pagi hari. Pada saat parah hindari makanan yang susah dicerna seperti daging, mentega, keju. Perbanyak makanan yg mudah dicerna seperti buah dan sayur. Selamat mencoba

    • Saya tidak pernah mengkonsumsi bekatul mbak. Kalau maag atau GERD cukup jaga makan saja hindari yg mengandung gas. Banyak makan sayur dan buah atau yg berserat.

  6. Mbak,, makasih banyak infonya sangat membantu,, sekarang sy masih kena gejala tiphus plus punya maag dari jamn smp sampe kuliah ini. Kata dokter kalau thypus tidak boleh konsumsi buah mbak.m gimana apakah bs diganti buahnya? Karena sy juga dideteksi gejala cikungunya, trima kasih atas responnya mbak nina

    • Sebenarnya typhus tidak akan menyerang kalau kondisi tubuh kita sehat, karena hidup di negara tropis dimana bakteri mudah tumbuh tidak bisa dihindari. Apalagi kalau kita makan di luar, kita tidak tahu apakah handling-nya sudah memenuhi standart kesehatan? Begitu juga airnya. Jadi jalan satu-satunya kita hidup sehat saja dengan makanan sehat. Sebenarnya typhus tidak apa-apa makan buah seperti pisang raja bulu (bagus untuk maag), pepaya, semangaka malah pepaya sangat bagus dikonsumsi pada saat typhus karena mendinginkan pencernaan, apel. Hindari saja buah yg asam sampai typhusnya sembuh. Minum jus buah tiap pagi pada saat perut kosong, pastikan buah dicuci air bersih terakhir dibilas dengan air yg sudah dimasak. Minum air putih sebanyak-banyaknya minimal 1 liter kalau perlu air + madu supaya demamnya turun. Untuk maag nanti setelah typhus sembuh minum air jeruk lemon/nipis + madu tiap pagi sebelum sarapan. Semoga cepat sembuh ya. Big Hug

      • Bu, kata dokter saya sakit GERD ciri2 dada panas dan masih minum obat, pertanyaan saya apakah madu dan jeruk lemon dapat dikomsumsi berbarengan dgn obat medis.

        trims

        bisa karena ga ada efeknya. Lebih baik madu + lemon dikonsumsi pagi hari pada saat perut kosong.Sedangkan obat setelah makan kan?

  7. mba saya juga sdh 2th ini bolak balik berobat lambung ke rs ..setelah baca artikel mba dan tanya2 ke teman akhirnya bulan lalu saya bio scanning disana …hasilnya ada cytomegalovirus di lambung saya grade 7, helicobater pyorinya ada tapi sedikit … obatnya apa ya mba …kalau dulu mba hasil bio scanningnya apa di lambungnya …terima kasih

    • Saya endoscopy saja hasilnya GERD. Saya kurang paham istilah kedokteran, coba mulai diet enzim. baca di artikel pilih sehat atau sakit

  8. Makasih atas post-nya, mba. Saya sudah dua bulan menjalani pengobatan gerd tapi saya mengusahakan supaya gak tergantung sama obat. Saya akan coba pola makan di post ini. Terima kasih 🙂

    • Memang semua dari pola makan mbak. Bisa sembuh kok kalau kita disiplin

  9. Salam Kenal mbak Nina., Trimah Kasib bgt udh Share Sangat membantu. Sy menderita Gerd sdh 1 tahunan Ciri kahasnya Heartburn (sensasi terbakar di dada saat malam hari), tp sejak saya konsumsi pepaya setiap i jam sebelum makan sangat berkurang. sy ingin sembuh total mbak. Sayuran apa yang cocok utuk saya apa ya mbak.(menu hariannya mbak. Skali lagi terimah kasih mbak

    • Hi Mbak Anne, coba mbak baca artikel saya yang Pilih Sehat atau Sakit disitu ada cara dietnya. Sayuran yang dihindari yang mengandung gas seperti kol sedangkan buah yang dihindari durian, nangka, timun juga. Tiap pagi coba rutinkan minum air hangat + perasan jeruk lemon/nipis 1 buah pada saat perut kosong bisa ditambahin madu 1 sendok makan jika tidak ingin terlalu kecut. Setelah itu minum jus buah dan sarapan buah. Sementara hentikan makanan yg membuat pencernaan bekerja keras seperti mentega (butter atau margarin), keju, daging hewani karena proses pencernaannya butuh waktu 8-12 jam. Kalau malam mau tidur makannya 4 jam sebelum tidur dan itu hanya karbohidrat atau buah sehingga pada saat tidur perut dalam keadaan kosong. Jika dalam keadaan tidur masih ada makanan yang tertinggal di pencernaan maka akan menimbulkan asam lambung. Silahkan dicoba mbak dan harus disiplin. Semoga cepat sehat ya.

  10. Assalamualaikum mbak nina..mksh ya blognya bermanfaat, sy pnderita maag dan thypus ampir tiap bulan hrs ke dkter. Kalo mkn diluar/smbarangan pasti kmbuh, bnr2 mesti higienis dan dijaga y klo udh thypus gn. Masih muda tp ndak produktif kdg jd ptus asa..hehe untunglah msh ada kluarga yg care jd pnyemangat jg

    • Coba mbak diet seperti di artikel saya http://ninaevawaty.com/pilih-sehat-atau-sakit/. Saya juga kena tyhus 7x mbak bisa sembuh setelah saya diet ketat seperti di artikel yg saya tulis. Di Indonesia kita tidak bisa menghindar karena iklim dan hiegenitas makanan jika kita beli di luar tidak bisa kita kontrol. Jadi caranya adalah meningkatkan imunitas kita dengan diet makanan. Maag dan typhus obatnya sama diet ketat. Selamat mencoba semoga sehat kembali.

  11. Artikelnya sangat bagus saya juga mengalami heartburn susah menelan jadi setiap hari saya hanya bisa makan bubur saja gimana ya mbak caranya ngilangin sesuh menelan setip makan ato minum perasaan ada yg mengganjal di tenggorokan bikin gak nyaman banget apa bisa sembuh ya mbak dan saya ngalamin ketakutan .thnx be4

    • Coba lakukan diet enzim seperti di artikel saya http://ninaevawaty.com/pilih-sehat-atau-sakit/. Coba ikuti diet tersebut karena GERD berkaitan dengan pencernaan jika pencernaan kita cukup beristirahat maka akan sembuh. Kalau lapar makan pisang raja saja atau kentang kukus yg dikukus dengan kulitnya baru dibuang kulitnya kalau sudah mau dimakan. Semoga cepat sehat ya.

      • Makasih banyak ya mbak nina dengan baca3 artikel mbak saya jadi semangat untuk sembuh saya sudah melakukan diet pagi dengan nutrisi siang makan nasi sayur dan sedikit daging sore saya minum nutrisi lagi dan disela2nya saya makan buah naga ato pisang ijo pagi hari nggak lupa saya minum kencur apa dgn diet seperti itu bisa ya mbak? Klo mbak nina ngalamin gak susah menelan? Trus gmn caranya biar ilang? Trus 1 lgi apa mbak nina ngalamin sperti psikosomatis? Saat ini saya taku mengendarai sepeda motor. Makasi sebelumnya mbak

  12. Salam kenal mbak Nina,senang “jalan2” diblognya mbak..mau nanya mbak, kalo singkong,ubi, bihun ada yg bilang nggak boleh untuk penyakit asam lambung,tapi di artikel mbak Nina boleh dikonsumsi…sy jadi bingung mbak, mohon penjelasannya …terima kasih..

    • boleh dimakan mbak yang tidak boleh kalau pedas. Coba tiap hari minum air jeruk nipis + madu pada saat perut kosong

  13. Salam kenal bu nina, saya sudah membaca artikel2 ibu nina tentang jalan2 ibu ke benapa negara tetangga ? Sepertinya menyenangkan memakai tour leader ibu shiu san.. Apakah saya boleh minta contac ibu shiu san untuk tour guide rombangan kami.. Terima kasih mohon balasannya ibu

    • Shiu ini laki-laki, beliau partnernya Golden Rama jadi saya tidak punya contactnya.

  14. Makasih atas share nya. Mbak mo tanya. Apakah kanker otak juga bisa diobati di RS Holistik? Trus biayannya sekitar berapa ya mbak?

    • Kalau kanker setahu saya pada tahap awal seperti stage 2 yang masih belum menyebar kemana-mana masih bisa diobati. Kalau biaya saya kurang tahu silahkan check ke RS-nya

  15. Selamat siang ibu nina.. artikrl yang bagus terima kasih karena sudah berbagi,sy sekitar 1.5 bulan yg lalu di endoskopi dan hasilnya ada erosi di dinding lambung tetapi masih di tahap paling rendah luka dilambung tersebut adalah karena asam lambung yang berlebih dan membuat dinding teriritasi, yang mau sy tanyakan apakah diet enzim tersebut bisa untuk luka lambung juga atau tidak.. terima kasih ..

    • Bisa Pak Adit. Semua penyakit berawal dari pencernaan, kalau pencernaan sehat kita akan sehat. Diet enzim akan mengistirahatkan pencernaan kita sehingga tidak perlu bekerja keras. Semoga cepat sembuh

  16. Mba istri saya kena gerd baru bbrp hari lalu endoskopi nah klo skrg menerapkan diet enzim dan dibarengi dg obat yg dari dokter gmn ,mnta sarannya makasih.

    • Tidak masalah diet sambil minum obat. Kalau sudah habis coba full diet. Semoga cepat sembuh

      • Ktnya perbanyak makanan mentah,apa sj kombinasix bu?bu nina makan nasi putih pa merah?

        • Sayur + protein nabati/hewani, sayur + karbohidrat/protein nabati,

  17. Bu sy sakit maag/gerd sdh 5 th lebih,rasanya setiap saat sakit ∂ɩĖ‡ ulu hati,sy sdh minum obat maag tp tdk sembuh2 bahkan tambah sakit,klo pgi hri ulu hati sy sakit sekali,gmn klo sy minum jeruk nipis dlm kondisi perut kosong dan sakit ulu hati apakah tdk tambah sakit/perih ya… Trim’s mohon penjelasan….

    • Air lemon + madu bersifat basa jadi bisa menetralkan asam lambung.

      • Kalo bole tau untuk takaran masing2 air + lemon + madu nya brp ya mbak nina ?

        • Air satu gelas + lemon 2 iris mbak. Semoga cepat sembuh

  18. Thx bund sharingnya.. Sy mau berbagi cerita juga nii bund..

    Saya penderita GERD sudah 1 tahun lebih .. Sepanjng Itu sy slalu bawa obat lanzoprasol …

    Sy pernah mnum air lemon dipagi hari tapi malah smakin perih.. Mgkn sy ga cocok ya dgn jeruk. Tp sy cocok dgn kunyit..tp ga lama akan kambuh lg ..

    Skrg sy melakukan olahraga rutin , minum air putih 3 liter sehari sebelum tidur minum air madu hangat…

    Alhamdulillah reflux lambung sdh jrg muncul kecuali kalau lagi Ada fikiran saja…krn Gerd bs timbul akibat stress juga ..

    Thank you

  19. Tlg info dmana endoskopi yg bagus tlg share ya sapa tau recomended dan biayanya brapa? Mksh yaa
    Siapa aja yg bs bantu jawab tlg info yaa ^_*

    • Di-check ke semua RS saja

  20. mba, sya terkena gerd. dan hendak melakukan diet enzyme. apa sayur yang digunakan harus direbus atau dikukus. klo ditumis dengan sedikit minyak boleh apa tidak ?

    • bagaimana reaksi tubuh ketika pertama kali diet enzyme. apakah terasa lemas, atau bagaimana ?

      • Biasa saja karena kalau masih lapar saya makan buah. Memang awalnya masih pingin makan yang lain tapi harus ditahan supaya dietnya berhasil

    • Boleh mbak pakai minyak sedikit. Dikukus lebih baik. Semoga cepat sembuh

  21. Mba Nina, saya divonis gerd oleh dokter, yg saya rasakan dada sesak, jantung berdebar, perut sakit, badan bergetar, sama linu2 di tangan & kaki, kesemutan jg, saya sampe stress memikirkan penyakit saya, apa dgn diet ini bisa mengatasi keluhan saya, mohon bimbingannya Mba, tks

    • Bisa mbak, memang perlu tekad yang kuat untuk diet tersebut. Diet ini untuk mengurangi beban kerja pencernaan, ketika beban kerja pencernaan baik InshaAllah sembuh. Semoga kembali sehat ya

Trackbacks/Pingbacks

  1. Hidup Sehat Tanpa Obat | Nina Evawaty - [...] cara kita untuk hidup sehat tanpa obat? Mulailah lakukan diet enzim seperti yang saya tulis disini. Jika anda sudah…
  2. Apa Resolusi Anda di 2013? | Nina Evawaty - [...] dengan pola hidup sehat, makanan sehat, olah raga dan berpikir positif. Saya sudah membahasnya disini. 3. Finansial Pisahkanlah…
  3. Menyembuhkan Maag/GERD dengan Kencur | Nina Evawaty - […] GERD sebaiknya melakukan diet enzim ala Hiromi Shinya yang sudah saya tulis di artikel “Pilih Sehat atau Sakit“. Diet…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

Read previous post:
How-to-master-your-habits.jpg
Resensi Buku: How to Master Your Habits

Apakah itu semua keahlian itu adalah warisan atau bakat yang diturunkan? Oh NO.... Keahlian adalah hasil pilihan, latihan dan pengulangan...

Close