Resensi Buku: Be A Rock Star in The Working Place

Posted by on Jun 15, 2013 in Resensi Buku | 1 comment

Resensi Buku: Be A Rock Star in The Working Place

Saya meminjam buku ini dari kakak saya Sophia Alizsa yang pernah satu kantor dengan pengarangnya Bapak Ugie Nugroho di Bank Rakyat Indonesia (BRI). Sekilas membaca halaman depannya sudah menarik isinya jadi saya memutuskan untuk menamatkan membaca dan membuat resensinya.
Buku ini terbitan Upnormal Publishing terdiri dari 205 halaman dan 3 bagian yaitu:
Satu Fitur Sukses
Dua Ayo Jadi Rockstar
Tiga Legacy

Kesatu: Fitur Sukses
Jika kita melihat gadget, tablet , laptop di sekitar kita pasti dilengkapi dengan berbagai fitur yang diciptakan untuk memudahkan kita. Namun adakalanya kita sebagai manusia hanya menggunakan berapa fitur saja. Begitu juga dengan kita sebagai manusia, pernahkan terpikir bahwa sebenarnya banyak fitur yang sudah diberikan oleh Sang Pencipta sebagai bekal kita untuk meraih kesuksesan?
Ingat kita dilahirkan dengan dilengkapi potensi sukses yang sama satu sama lainnya. Kita juga diberi modal yang sama yaitu 24 jam sehari. Namun pada kenyataannya ada yang sukses dan ada yang tidak.
Kenapa orang bisa sukses? Karena mereka mampu memanfaatkan semua fitur yang ada dalam dirinya. Kita sendirilah yang menentukan sukses atau tidak.

Vision for Success
Fitur 1: Imajinasi
Berimajinasilah tentang apa yang kita inginkan, tidak perlu malu atau takut karena imajinasi milik semua orang. Imajinasi akan besar dampaknya bagi kehidupan bila dilakukan menjelang tidur atau sesaat setelah bangun tidur karena pada saat itu otak manusia pada kondisi teta sehingga apa yang diimajinasikan akan tertanam di pikiran bawah sadar. Imajinasi merupakan awal penciptaan mimpi-mimpi kita.

Fitur 2: Mimpi
Kenapa mimpi? Karena mimpi berkaitan dengan alam bawah sadar yang secara tidak langsung mempengaruhi cara berpikir seseorang. Mimpi akan membantu kita untuk focus pada ide yang ingin diwujudkan. Dalam menyusun mimpi sebaiknya kita mengerucutkan berbagai imajinasi yang sering kita munculkan. Jangan takut mempunyai impian yang tinggi. Ketika kita punya impian, maka alam bawah sadar akan mendorong kita untuk mewujudkan impian tersebut.

Fitur 3: Vision
Visi adalah sesuatu yang ingin kita raih pada saat tertentu di masa depan. Visi atau vision adalah pkitangan ke depan ibarat mendaki gunung maka visi adalah puncak gunung tersebut. Visi yang kita buat harus sering kita lihat agar tertanam dalam pikiran alam bawah sadar. Buat Vision Board berupa foto dari impian yang ingin kita raih misal jika kita ingin kelililing dunia tampilkan foto-foto Negara yang ingin dikunjungi, rumah impian kita, posisi/jabatan yang kita inginkan tempelkan di tempat yang selalu terlihat sehingga tertanam kuat di alam bawah sadar.

Fitur 4: Living Era
Saat ini kita berada di era informasi dan konseptual. Siapa yang punya konsep/ide dan bisa mengkomunikasikan konsepnya maka dia akan sukses. Karena itu kita harus selalu menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan era yang sesuai dengan mengoptimalkan otak kanan yang lebih kreatif, imajnatif dan tidak dibatasi dengan sesuatu yang statis.

Fitur 5: Kriteria Sukses
Sukses itu harus dijabarkan secara detil supaya jelas apa yang harus dilakukan untuk mencapai sukses. Sukses ada 5: Sukses Spriitual, Sukses Fisik (Kesehatan), Sukses Finansial, Sukses Hubungan (Relationship), Sukses Intelektual (Ilmu).

Mindset for Success

9832792_s(1)

Fitur 6: Kejujuran
Kejujuran merupakan sifat dasar yang harus dipegang teguh baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Jika ingin menjadi orang yang dipercaya berbuatlah jujur.

11862392_sFitur

7: Dapat Dipercaya
Dalam dunia kerja ketika kita mendapat tugas dalam waktu tertentu namun kita gagal melakukannya mungkin atas kita tidak akan percaya pada kita. Jadi sekali kita tidak dipercaya orang maka akan sulit untuk mengembalikan kepercayaan orang lain.

Fitur 8: Komitmen
Ketika kita berjanji dengan orang lain atau diri sendiri maka kita harus menepati janji tersebut atau berkomitmen.

Fitur 9: Adaptasi
Dimanapun kita berada maka kita harus beradaptasi dengan lingkungan, jika kita tidak mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan maka lingkungan akan memusnahkan kita. Demikian juga di tempat kerja, ketika kita tidak bisa beradaptasi maka dengan lingkungan baru maka kita akan terpinggirkan.

Fitur 10: Fleksibilitas
Dalam dunia kerja atau dunia manapun jadilah orang yang fleksibel, yaitu orang sudah mengaktifkan fitur adaptasi sehingga mampu menyesuaikan diri dimanapun berada. Karena jika anda tidak fleksibel maka anda akan dianggap tidak mampu memenuhi kebutuhan perusahaan. Fitur fleksibiltas bukan tanpa syarat tapi juga juga membutuhkan kompetensi yang handal, skill dan knowledge yang selalu update. Jika tidak maka kita akan tersingkir. Tetapi ingat “fleksibel bukan berarti menghalalkan sagala cara”. Kita harus tetap menjunjung azas profesionalisme.

Action for Success

12827894_s

Fitur 11: Mentoring
Proses belajar diperlukan untuk memperbarui kemampuan kita baik skill maupun knowledge. Kegagalan dalam meraih kesuksesan adalah hal yang wajar, karena dari kegagalan kita belajar sesuatu. Mentor atau pembimbing diperlukan untuk menimalisasi kegagalan karena mereka sudah pernah mengalami kegagalan sehingga kegagalan yang sama tidak akan terjadi pada kita.

Fitur 12: Kerja Keras (Hard Work)
Kerja keras disini bukanlah hanya fisik tapi juga otak, artinya lebih banyak berpikir ke depan. Kerja keras harus dibarengi dengan kerja cerdas dan networking (jaringan pertemanan)

Fitur 13: Kerja Cerdas (Smart Work)
Membuat prioritas pekerjaan adalah kerja cerdas. Anda juga harus memilih pekerjaan yang mendatangkan keuntungan maksimal bagi perusahaan.

Fitur 14: Jaringan (Networking)

13181285_s
Jaringan pertemanan (networking) adalah jaringan yang menghasilkan nilai tambah atau nilai finansial bagi kita. Karena itu pupuklah jaringan pertemanan ini karena sangat berguna untuk kita, dari pengalaman pribadi saya selalu tetap berkomunikasi dengan semua teman saya jadi kita jangan hanya ingat teman kita pada saat kita butuh saja.

Fitur 15: Speed Up
Dalam dunia kerja sama seperti di dunia balap, ada garis start, finish dan pit stop. Tanamkan dalam hati bahwa kita harus memacu usaha kita semaksimal mungkin karena kesempatan datangnya sekali. Ibarat seorang pembalap ketika kita berada dalam arena maka paculah semaksimal mungkin supaya jadi pemenang. Ingat di setiap pit stop pengisian bahan bakar dengan training, seminar dll.

Fitur 16: Speak Up
Banyak orang pintar dan kreatif tetapi tidak sukses, kenapa? Karena mereka tidak mampu mengkomunikasikan ide-ide mereka, sehingga ide kreatif mereka tidak menjadi ide inovatif. Berlatihlah berani untuk mengungkapkan ide atau sekedar memberi masukan bagi perusahaan.

Fitur 17: Promoter
Jadilah promoter bagi perusahaan dimana kita bekerja dengan terus menerus mempromosikan perusahaan tempat kita bekerja. Dengan selalu bersikap sebagai promoter, maka kita sedang mengeluarkan energi positif yang dapat menjadi spirit positif bagi sikap kita.

Fitur 18: Mencoba Hal-Hal Baru (Try New Things)
Mencoba hal baru mendorong kita untuk lebih kreatif dan inovatif. Keberanian mencoba hal baru juga sebagai perwujudan dari keberanian kita keluar dari zona nyaman. Mencoba hal baru bukan tanpa resiko karena dibalik bahaya pasti ada peluang. High Risk High Return

Fitur 19: Self Improvement
Kita hidup di era extreme change, dimana perubahan sangat cepat. Ketika lingkungan berubah maka kita harus segera berubah dengan cara mengasah kemampuan diri (Self improvement) secara terus menerus. Kita tidak perlu menunggu perusahaan untuk meningkatkan kemampuan kita, kita harus mempunyai inisiatif sendiri untuk meningkatkan kemampuan diri.

Fitur 20: Let’s Us Do It
Dalam pekerjaan kita juga tidak boleh terpaku pada diri sendiri. Kita adalah team work, jadi selalu tanamkan dalam mindset kita bahwa kerja team jauh lebih baik daripada kerja sendiri.

14690383_s

Fitur 21: I am a Champion
Anda harus menjadi juara, anda harus menjadi yang nomor satu. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini kecuali Tuhan Sang Pencipta melarangnya. Ingat pepatah “Do the best and let God do the rest”. Lakukan yang terbaik dan biarkan Tuhan yang menentukan.

Kedua : Ayo Jadi Rock Star
Mental rock star artinya kita menjadi orang yang luar biasa sehingga prestasi dibicarakan banyak orang. Caranya bagaimana?
1. Bekerja dengan prinsip faster: bekerja, berpikir dan punya inisiatif di atas rata-rata
2. Speak Up: memberi usul, mengigatkan, membela, promote perusahaan dan mengkritisi bila perlu
3. Meningkatkan kemampuan diri alias menciptakan Value Added bagi diri kita untuk kepentingan perusahaan. Lakukan investasi dengan untuk menambah ilmu apapun caranya
4. Visioner, berpikir jauh ke depan, one step ahead, kreatif dan berpikir out of the box
5. Hard Worker, Smart Worker dan memiliki Networking yang luas
6. Memiliki komitmen yang kuat
7. Mempunyai integrity yang tinggi

Ketika kita sudah menjadi rock star kita tidak perlu mempromosikan diri lagi.
Bagaimana memulai debut sebagai Rock Star? Kenali dulu personal specification anda yaitu:
1. Personal Branding and Reputation (Pencitraan Diri dan Reputasi)
Seperti siapakah anda ingin dikenal?
– Gunakan tiga magic word yang mendeskripsikan diri anda
– Lakukan interpretasi atas masing-masing penilaian dari tiga magic words namun dengan sudut pandang positif
– Lakukan asimilasi yaitu saling menghubungkan hasil interpretasi untuk menghasilkan REPUTASI POSITIF yang ingin kita ciptakan bagi diri sendiri
– Apabila kita memiliki lebih dari satu Reputasi Positif maka tentukan one thing dari beberapa Reputasi Positif tersebut
– Kita siap menjadi rock star
2. Karakter Pribadi (Personal Character)
Pada dasarnya manusia memiliki 4 pola karakter yang berbeda sesuai dengan kepribadiannya yaitu:
1. Sanguinis
2. Koleris
3. Plegmatis
4. Melankolis
Jika sudah tahu karakter kita, maka perlu dilakukan evaluasi apakah karakter sesuai dengan reputasi positif yang ingin kita bangun? Misal seorang Plegmatis yang tenang, pelan, mudah bergaul, baik keseimbangannya ingin menjadi Good Marketer. Maka kepribadian mudah bergaul baik keseimbangannya dan cocok dengan profesi ini, tapi karakter tenang dan pelan tidak sesuai karena seorang good marketer haruslah aggresif dan bertindak cepat. Karena itu perlu dilakukan penyesuaian untuk belajar bertindak cepat dan agresif.
Jika banyak dari karakter kita tidak sesuai dengan reputasi positif yang akan dibangun maka kita harus mengevaluasi ulang reputasi tersebut.

3.Kemampuan Komunikasi (Communication Skill)
Komunikasi dibagi 2 yaitu verbal dan non verbal. Komunikasi melibatkan 2 pihak yaitu penyampai pesan (stimulus) dan pihak penerima pesan (respon). Proses interaksi ini perlu waktu tersambung minimal 6 detik. Komunikasi sangat penting untuk meraih kesuksesan, jika anda masih kurang dalam skill ini maka anda tidak perlu khawatir karena bisa dilatih.

4. Grafologi (Graphology)
Adalah cara untuk mengetahui karakter orang melalui tulisan tangannya. Coba analisa tulisan tangan anda sehingga anda tahu kelebihan dan kekurangan anda.

5. Jenis-jenis pekerjaan (Type of Jobs)
Pekerjaan dibagi menjadi: pekerja (otak kiri), professional (otak kiri), peluang inisiasi uang masa depan (PIUMD, otak kiri & kanan), Investor minoritas (otak kanan) dan Investor mayoritas (otak kanan)

6. Jenjang Karir (Career Path)
Hidup adalah pilihan dan hidup adalah menjalankan apa yang kita impikan. Dalam hidup kita dibatasi oleh waktu, waktu tidak akan menunggu kita. Jadi jangan biarkan diri kita terjebak dalam rutinitas yang melemahkan kita menjadi insan yang kreatif dan inovatif. Ingatlah sebuah perjalanan jauh selalu dimulai dengan langkah pertama. Untuk itu jadikan setiap hari sebagai langkah awal kita menuju kesuksesan agar kita menjadi rock star di tempat kerja. Ketahuilah career path di tempat kerja kita sehingga kita mudah memprediksikan kesuksesan kita di perusahaan tempat kita bekerja.

Ketiga: Legacy
Ketika kita meninggal kelak kita ingin dikenal sebagai apa? Orang biasa-biasa saja yang tidak memberikan kontribusi kepada orang-orang sekitar atau orang yang hebat.

Demikian resensi yang tulis dengan gaya saya sendiri yang tambah dan kurangi agar mudah dipahami. Be a rock star bukan hanya dalam dunia kerja saja tapi juga dalam kehidupan sosial anda. Jika anda ingin dikenal sebagai orang yang luar biasa maka lakukanlah sesuatu yang berguna yang akan menjadi prasasti bagi generasi selanjutnya bahwa kita pernah ada di dunia. Jadi apa yang perlu ditunggu? Lakukanlah dan mulai sekarang juga untuk berubah ^_^. Happy reading teman-teman !

468 ad

1 Comment

  1. memang menjadi bintang itu sangat menyenangkan termasuk di dunia kerja 🙂
    Lamido recently posted..Lamido, Jual – Beli Mudah dan AmanMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

Read previous post:
LTE
LTE Overview

LTE or the E-UTRAN (Evolved Universal Terrestrial Access Network) is the access part of the Evolved Packet System (EPS). The...

Close