Resensi Buku: Berpikir dan Berjiwa Besar (The Magic of Thinking Big)

Posted by on Aug 30, 2012 in Resensi Buku | 0 comments

Resensi Buku: Berpikir dan Berjiwa Besar (The Magic of Thinking Big)

Buku ini ditulis oleh David J. Schwartz dengan judul The Magic of Thinking Big dan diterjemahkan ke Bahasa Indonesia menjadi Berpikir dan Berjiwa Besar. Buku ini selalu dijadikan referensi oleh para motivator bagi anda yang ingin bertumbuh dan menjadi orang yang hebat.

Buku ini terdiri dari 14 Bab dan 420 halaman, adapun ke-14 tersebut adalah:
Bab 1 Percaya Anda Dapat Berhasil, maka Anda Akan benar-benar Berhasil
Bab 2 Sembuhkan Diri Anda dari Dalih, Penyakit Kegagalan
Bab 3 Bangunkan Kepercayaan Diri dan Hancurkan Ketakutan
Bab 4 Bagaimana Berpikir Besar
Bab 5 Bagaimana Berpikir dan Bermimpi Secara Kreatif
Bab 6 Anda Apa yang Anda Pikirkan Mengenai Diri Anda
Bab 7 Atur Lingkungan Anda, Gunakan yang Kelas Satu
Bab 8 Jadikan Sikap Anda Sekutu Anda
Bab 9 Berpikir Benar Tentang Orang Lain
Bab 10 Dapatkan Kebiasaan Bertindak
Bab 11 Bagaimana Mengubah Kekalahan Menjadi Kemenangan
Bab 12 Gunakan Tujuan untuk Membantu Anda Bertumbuh
Bab 13 Bagaimana Berpikir Seperti Pemimpin
Bab 14 Bagaimana Menggunakan Mukjizat Berpikir Besar di Dalam Situasi Kehidupan Yang Paling Kritis


Adapun ringkasan dari buku tersebut sebagai berikut:
1. Percaya Anda Dapat Berhasil, maka Anda Akan benar-benar Berhasil
Keraguan, ketidakpercayaan, keinginan bawah sadar untuk gagal, perasaan tidak benar-benar ingin berhasil bertanggung jawab atas sebagian besar kegagalan.
Berpikir ragu, maka anda akan gagal. Berpikir menang maka anda akan berhasil. Kenapa? Karena pikiran akan menjadi keinginan bawah sadar dan berwujud tindakan. Karena itu selalu berpikir positif, ketika anda berpikir positif otak akan mencari jalan untuk mewujudkannya.

2. Sembuhkan Diri Anda dari Dalih, Penyakit Kegagalan
Memberi vaksin diri anda kepada penyakit dalih (excuse)atau penyakit kegagalan. Dalih sering digunakan ketika mengalami kegagalan. Jauhi dalih kesehatan, usia ,inteligensia dan nasib. Biarkan otak anda bekerja

3. Bangunkan Kepercayaan Diri dan Hancurkan Ketakutan
Tindakan mengalahkan ketakutan. Ketakutan itu hanya ada dalam pikiran. Cari penyebab ketakutan dan lakukan tindakan. Tabung pikiran positif di dalam ingatan anda dan hanya tarik pikiran positif.

4.Bagaimana Berpikir Besar
Kenali diri anda sendiri yang positif. Untuk berpikir besar kita harus menggunakan kata dan frase yg menggambar citra atau gambar mental yg positif.

5. Bagaimana Berpikir dan Bermimpi Secara Kreatif
Berpikir kreatif berarti menemukan cara-cara baru yg lebih baik untuk mengerjakan apa saja. Pikiran anda akan menciptakan jalan ketika anda mengijinkannya.Karena itu percayalah pada pikiran anda. Hilangkan kata tidak mungkin dari pikiran anda.

6. Anda Apa yang Anda Pikirkan Mengenai Diri Anda
Cara anda berpikir menentukan bagaimana anda bertindak. Cara anda bertindak menentukan bagaimana orang lain bereaksi. Ubahlah cara berpikir menjadi cara berpikir orang yang besar dan gunakan busana yang pantas yang akan menaikkan kelas anda. Penampilan sangat penting karena akan mengangkat semangat anda.

7. Atur Lingkungan Anda, Gunakan yang Kelas Satu
Perbaiki diri anda untuk meraih keberhasilan hilangkan perasaan bahwa prestasi besar berada di luar jangkauan. Seringkali anda mendengar komentar-komentar negatif yang akan melemahkan anda, abaikan mereka. Orang-orang yang selalu berkomentar negatif (negator) adalah orang yang kehidupannya tidak berhasil.

8. Jadikan Sikap Anda Sekutu Anda
Cara kita berpikir terlihat dari cara kita bertindak. Sikap adalah cermin pikiran. Sikap anda yang benar akan memenangkan anda di berbagai situasi. Tumbuhkan tiga sikap ini
a. Tumbuhkan sikap saya aktif
b. Tumbuhkan sikap anda penting
c. Tumbuhkan sikap pelayanan lebih dulu

9. Berpikir Benar Tentang Orang Lain
Sukses bergantung pada dukungan orang lain. Karena itu jadilah orang yang luwes, ramah dan manusiawi. Orang yang paling penting yang hadir adalah orang yang paling aktif memperkenalkan diri.

10. Dapatkan Kebiasaan Bertindak
Gagasan memang penting tapi tindakan lebih penting. Gunakan tindakan untuk mengalahkan ketakutan dan menumbuhkan kepercayaan. Jadi yang harus anda lakukan adalah action, action dan action.

11. Bagaimana Mengubah Kekalahan Menjadi Kemenangan
Kemunduran atau kekalahan dapat dirubah menjadi kemenangan. Cari pelajarannya, terapkan kemudian ingat kembali kekalahan itu dan tersenyumlah. Jadikan kekalahan sebagai pelajaran untuk bangkit kembali.

12. Gunakan Tujuan untuk Membantu Anda Bertumbuh
Tujuan adalah cita-cita yang harus diwujudkan. Yang paling penting bukanlah di mana anda berada dahulu atau sekarang tetapi ke mana anda melangkah. Jika anda punya tujuan maka anda akan punya cara untuk mewujudkannya.

13. Bagaimana Berpikir Seperti Pemimpin
Untuk mencapai keberhasilan tingkat tinggi diperlukan dukungan dan kerja sama dari orang lain, dan untuk itulah kemampuan memimpin diperlukan. Untuk membuat orang bekerja sesuai yang anda inginkan maka anda harus melihatnya dari kaca mata mereka.

14. Bagaimana Menggunakan Mukjizat Berpikir Besar di Dalam Situasi Kehidupan Yang Paling Kritis
Mulailah melakukan langkah-langkah di Bab 1 sampai dengan 13, maka anda akan menjadi pribadi baru yang menyenangkan dan bersikap positif.

Selamat Membaca. Selamat menjadi pribadi yang positif 🙂

468 ad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

Read previous post:
9187421_s
Panduan Halal dan Haram untuk Makanan/Minuman

Sebagai seorang Muslim kita harus memperhatikan makanan yang kita makan. Meski kita tinggal di negara mayoritas muslim seperti di Indonesia,...

Close