Resensi Buku: Skill with People

Posted by on Oct 7, 2012 in Resensi Buku | 5 comments

Resensi Buku: Skill with People

Buku Skill with People ditulis oleh Les Giblin dan sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dengan judul yang sama. Buku ini saya rekomendasikan untuk anda yang ingin terampil dalam membina hubungan dengan orang lain.

Buku ini terdiri dari 74 halaman dan 15 Bab.
I Memahami Orang dan Kodrat Manusia
II Cara Terampil untuk Berbicara dengan Orang
III Cara Terampil untuk Membuat Orang Merasa Penting
IV Cara Terampil untuk Menyetujui Pendapat Orang
V Cara Terampil untuk Mendengarkan Orang
VI Cara Terampil untuk Mempengaruhi Orang
VII Cara Terampil untuk Meyakinkan Orang
VIII Cara Terampil untuk Membuat Orang Mengatakan YA
IX Cara Terampil untuk Menentukan Suasana Hati Orang
X Cara Terampil untuk Memuji Orang
XI Cara Terampil untuk Mengkritik Orang
XII Cara Terampil untuk Berterima Kasih Pada Orang
XIII Cara Terampil untuk Menciptakan Kesan Baik
XIV Cara Terampil untuk Melakukan Percakapan
XVI Beberapa Gagasan yang Amat Penting untuk Anda

Manusia pada dasarnya lebih mudah menerima pembelajaran dengan cara visual (83%) dibandingkan dengan pendengaran (11%), penciuman (3 1/2%), sentuhan (1 1/2%) dan rasa (1%). Sedangkan kemampuan mengingat manusia 90% dari apa yang dikatakan dan dilakukan, 70% dari apa yang dikatakan ketika bicara, 50% dari apa yang dilihat dan didengar, 30% dari apa yang dilihat, 20% dari yang didengar dan 10% dari apa yang dibaca.

Berdasarkan informasi tersebut maka langkah awal untuk meningkatkan keterampilan dalam berhubungan dengan orang adalah memahami orang dan kodrat manusia secara tepat. Artinya anda mengakui dan mengenali orang sebagaimana adanya. Manusia lebih tertarik kepada diri mereka sendiri bukan anda.
Ketika berbicara dengan orang lain gunakan topik diri mereka bukan anda. Ketika anda bertanya segala sesuatu tentang mereka maka mereka akan bersemangat untuk bercerita. Ingatlah ketika anda membuat mereka merasa penting maka tanggapan mereka kepada anda akan sangat besar.

Salah satu langkah penting yang bisa anda lakukan untuk menjadi terampil dalam berhubungan dengan orang lain adalah anda harus menguasai Seni Bersedia Menyetujui. Belajarlah untuk menyetujui atau setuju dengan pendapat orang lain. Tidak setuju hanya jika memang mutlak diperlukan. Akui jika anda melakukan kesalahan dan hindari berdebat.

Jadilah pendengar yang baik, dengan cara: menatap orang yang sedang berbicara, condongkan badan ke arah pembicara dan dengarkan dengan penuh perhatian, ajukan pertanyaan, ikuti topik si pembicara jangan memotong atau menyela, gunakan kata anda dan milik anda bukan saya supaya tidak berlaih fokus pembicaraan.

Mengetahui apa yang orang lain inginkan, apa yang mereka inginkan dengan cara bertanya, melihat dan mendengarkan mereka.

Bicaralah lewat orang ketiga, kutiplah orang lain dengan kisah-kisah sukses, aculah fakta dan data statistik.

Berilah orang alasan untuk mengatakan ya kepada anda, ajukan pertanyaan ya, berilah pilihan ya dan ya bukan ya dan tidak dan mengharapkan orang mengatakan ya dan biarkan mereka tahu mereka diharapkan mengatakan ya.

Untuk menentukan suasana hati seseorang, beberapa detik pertama yang akan menentukan suasana dan sifat hubungan itu. Tersenyumlah pada saat pertama kali bertemu orang lain, tersenyumlah seperti yang dilakukan para profesional.

Bermurah hatilah dengan pujian, lakukan dengan tulus, pujilah perbuatan bukan orangnya. Ketika anda melakukan ini maka anda akan bahagia.

Jika anda melakukan kritik maka lakukan sebagai berikut: jangan mengkritik di depan umum, mulailah kritik dengan kata atau pujian yang baik, kritik perbuatannya bukan orangnya, sediakan jawaban, mintalah kerjasama jangan menuntutnya, satu kritikan untuk sebuah pelanggaran dan akhiri kritik dengan perkataan yang bersahabat.

Jika anda berterima kasih pada orang lain berterima kasihlah secara sungguh-sungguh, katakan dengan jelas dan tanpa ragu, pandanglah orang yang anda beri ucapan terima kasih, sebutlah namanya saat berterima kasih, bekerja dengan berterima kasih kepada orang.

Jika anda ingin orang lain berpikir baik tentang anda maka anda harus memberi kesan bahwa anda pantas mendapatkannya. Berpenampilanlah kelas satu.

Untuk menjadi terampil dalam melakukan percakapan: ketahui apa yang ingin anda katakan, katakanlah dan duduklah, pandanglah pendengar sewaktu anda bicara, bicarakan apa yang menarik minat pendengar dan janganlah berusaha membuat sebuah pidato.

Terapkanlah semua langkah di atas dan jadilah orang baru. Selamat mencoba.

468 ad

5 Comments

  1. keren abis…

    • keren abis..

      • Semoga bermanfaat

        • That’s great

          • Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

Read previous post:
12197105_s
Hypnotherapy Sebagai Solusi untuk Phobia, Trauma dan Menghilangkan Sifat Negatif

Jika anda ingin mengobati phobia, trauma, anak yang malas belajar, anak yang bandel serta ingin pasangan anda setia maka Hypnotherapy...

Close