The Bakoel, Bisnis Baru Saya yang Siap Masuk Pasar Kuliner

Posted by on Jan 1, 2014 in Slider, Tips Bisnis | 0 comments

The Bakoel, Bisnis Baru Saya yang Siap Masuk Pasar Kuliner

Setelah berbulan-bulan mencari ide nama produk saya dan searching di google apakah nama yang mau saya pakai sudah ada yang pakai atau belum akhirnya diputuskan pakai nama The Bakoel. Karena sekarang dunia digital, maka semua social media harus di-register terlebih dahulu, yang dilakukan pertama adalah buat akun email, beli domain, buat akun twitter, Facebook, Line dan Instagram. Pada saat register tidak cross check lagi apakah akun masih available, baru ketahuan setelah kemasan dicetak ternyata akun sudah ada yang pakai akhirnya diputuskan pakai akun @TheBakoelJKT. Untuk website di .

Berbulan-bulan bingung bisnis makanan apa yang bisa masuk ke ceruk pasar kuliner, akhirnya diputuskan dari kuliner Madura saja daerah asal saya. Saya memilih Nasi Jajan (baca Jejen) Madura atau populernya Nasi Madura. Nasi ini meskipun sangat populer bagi orang Madura tapi tidak ngetop seperti Nasi Langgi dan Nasi Bogana, karena itulah saya ingin nasi ini juga jadi ngetop.


Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum meluncurkan produk ini tentu adalah menguji resep keluarga, resep yang tidak ada takaran pasti tapi serba kira-kira he he he. Saya selama ini paling malas terjun ke dapur akhirnya turun gunung juga bak pendekar untuk memastikan ukuran resepnya. Akhirnya hari Sabtu pagi saya ke pasar dekat rumah yaitu Pasar Blok A Fatmawati. Meskipun pasar tradisional ini jadul dan kusam tapi di dalamnya komplit lho. Buat mereka yang punya resto atau kafe yang perlu sayuran segar cukup ke lantai 2, di sini tersedia sayuran lokal dan impor dengan kualitas terbaik dibanding dengan lantai 1. Meski harganya lebih tinggi Rp 1.000 sampai Rp 2.000 dibandingkan dengan di lantai 1 tapi secara kualitas sudah terbayarkan. Hidup di jama sekarang sebenarnya sudah banyak kemudahan, bawang putih dan merah sebagai kompenen utama sudah ada yang dikupas jadi and tidak perlu berderai air mata untuk mengupas. Bahkan santan pun sudah ada yg tinggal pakai saja tergantung apakah ada mau santan kental dan encer. Bawang merah juga sudah ada yg diiiris-iris sehingga sangat mudah untuk menumis. jadi tidak ada alasan malas masak 🙂

Selesai belanja tibalah waktu untuk eksekusi resep, karena saya anti MSG jadi memang perlu usaha keras agar rasa tetap enak. Korban pertama tentu keluarga untuk memberikan komentar. Korban kedua hari berikutnya adalah teman-teman di kantor baru dan lama serta para relasi. Komentar dan masukan mereka digunakan untuk perbaikan menu termasuk menambah mentimun yang sebelumnya tidak ada di menu nasi ini.

Mau tahu penampakan Nasi Jajan? Yuk mari dilihat fotonya. Nasi ini terdiri dari sambal goreng daging, telur bumbu petis, serundeng, daging bumbu merah, sambal terasi, dendeng sapi dan timun sebagai pelengkap.

Penampakan Nasi Jajan Madura

Penampakan Nasi Jajan Madura

Setelah tester pertama dan kedua sudah dilaksanakan maka bertepatan dengan hari lahir saya, 2 November 2013 diluncurkanlah @TheBakoelJKT dengan produk pertama Nasi Jajan Madura. Produk lain seperti Sop Kikil, Sop Lidah, Sop Buntut, Bubur Kelapa (Bubur Suro), Telur Bumbu Petis, Daging Bumbu Merah, Sambal Goreng Daging, Sambel Goreng Teri mulai dimunculkan juga. Produk-produk lain akan dikeluarkan secara bertahap. Untuk memastikan rasa yang pas maka SOP (System Operating Procedure) perlu dibuat sehingga asisten di rumah sudah bisa membuat ketika saya harus tugas kantor. Alhamdulillah pesanan mulai berdatangan, pesanan 50 pax sudah bisa ditangani dengan cepat. Pesanan terbanyak sudah mencapai 150 pax sekali order.

Penampakan Sop Kikil @TheBakoelJKT

Penampakan Sop Kikil @TheBakoelJKT

Penampakan Bubur Kelapa (Bubur Suro) @TheBakoelJKT

Penampakan Bubur Kelapa (Bubur Suro) @TheBakoelJKT

Penampakan Telur Petis @TheBakoelJKT

Penampakan Telur Petis @TheBakoelJKT

Berbisnis makanan memang harus hati-hati, kita harus memastikan bahawa bahan-bahan yang dipakai yang masih fresh. Karena itulah pesanan harus dilakukan 1 hari sebelumnya apalagi Nasi Jajan ini untuk daging bumbu merah dan telur petis menggunakan bahan dasar santan kelapa sehingga mau tidak mau pada saat memasak benar-benar diperhatikan supaya tidak basi dan berbau. Karena salah sedikit orang bisa keracunan makanan. Sebagai seorang muslim tentu saja saya sangat memperhatikan agar bahan-bahan yang digunakan adalah bahan yang halal, diproses dan disajikan secara halal. Saya juga yang paranoid sama kebersihan benar-benar memperhatikan standar kebersihan selama memasak maupun menyajikan. Asisten saya harus pakai tutup rambut dan sarung tangan plastik sehingga makanan tidak tersentuh tangan secara langsung. Jadi mereka yang alergi MSG dan sangat memperhatikan hiegenitas maka tidak perlu ragu dengan produk saya.

468 ad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

Read previous post:
BakoelCamilan2.jpg
Bakoel Camilan, Angkat Derajat Makanan Tradisional

Ingin mengangkat derajat camilan tradisional, Nina Evawaty membuka toko online, namanya www.BakoelCamilan.com. "Saya prihatin karena camilan tradisional masih kalah bersaing...

Close